MENGENAL JENIS JENIS SUSPENSI MOBIL
1. SUSPENSI MACPHERSON
Nama suspensi macpherson
diambil dari nama penemunya yakni Earle Macpherson. Suspensi jenis ini adalah
suspensi yang paling banyak diaplikasikan oleh sebagian mobil didunia. Dan
beberapa alasan yang menyebabkan suspensi jenis ini banyak disukai oleh
produsen otomotif adalah harganya yang sangat berjangkau, memiliki komponen
yang sangat simple dan yang jelas mudah didapat. Suspensi type ini adalah
suspensi berbentuk tegak dengan didukung oleh sebuah peredam kejut yang juga
menjadi titik pusat sudut caster pada mobil.kontruksi jenis ini banyak
diaplikasikan ke dalam jenis mobil seperti avanza, yaris, vios, corolla, carry
dan sebagian besar mobil sedan.
Kekurangan dari suspensi ini
ialah kurang mampunya suspensi dalam menerima beban dan berubahnya sudut
kemiringan geometri roda ketika membelok, sehingga ban kurang mampu
mencengkeram secara sempurna terhadap aspal jalan. Walaupun demikian banyak
mobil mewah yang masih mengaplikasikannya ke produk mereka, misal saja
BWM,MARCEDES dll.
2. SUSPENSI DOUBLE
WHISBONE
Ciri yang menonjol dari kontruksi suspensi jenis ini adalah
adanya dua buah lengan ( arm ) yang menopang bagian sistim suspensi itu sendiri
yakni lower arm dan upper arm. Dengan desain yang independen seperti itu maka
seberapa jauh sudut belokan dan seberapa jauh suspensi ini bergerak maka sudut
sudut geometri roda akan tetap konstan/tetap. Kontruksi double whisbone ini
banyak diaplikasikan ke dalam kendaraan seperti
kijang,innova,fortuner,hilux,isusu,dll.
Kekurangan dari suspensi jenis
ini adalah membutuhkan ruang yang lebih besar, dalam pembongkaran pun lebih
membutuhkan waktu yang lama bila anda hendak mengganti sockbreker ( peredam
kejut ). Dan yang sering terjadi adalah cepat rusaknya part seperti balljoint (
baik atas maupun bawah ), long tie rod, end tierod. Untuk mengurangi resiko ini
anda sebaiknya melakukan spooring berkala terhadap mobil anda. begitu juga
dalam pengerjaan spooring biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama karena
tingkat kerumitan terbilang sedang.
3. SUSPENSI MULTI LINK
Suspensi multilink adalah suspensi hasil pengembangan dari
double whisbone. Suspensi type ini memiliki desain kontruksi yang sangat rumit
dengan bagian bagian yang terpisah yang disatukan oleh sendi sendi dan tiap
ujung komponen berporos di kedua sisi arm. Kontruksi dibuat berdasarkan
memanipulasi arah gaya yang nantinya diperkirakan akan diterima oleh roda, baik
itu benturan vertikal seperti ketika mobil menginjak lubang, benturan dari arah
samping dan lain sebagainya.
Kontruksi jenis ini diclaim memiliki daya cengkeram yang sempurna dan lebih mudah dalam pengendalian di jalan jelek sekalipun.variasi dari desain suspensi ini sekarang bervariasi. Kekurangan dari suspensi jenis ini tentu serumit kontruksinya bila mendapat kerusakan. Membutuhkan waktu yang lebih lama lagi dalam proses penggantian. Dan mahalnya harga part yang masih jarang ada dipasaran karena memang jarang mobil yang menggunakan suspensi jenis ini.
Kontruksi jenis ini diclaim memiliki daya cengkeram yang sempurna dan lebih mudah dalam pengendalian di jalan jelek sekalipun.variasi dari desain suspensi ini sekarang bervariasi. Kekurangan dari suspensi jenis ini tentu serumit kontruksinya bila mendapat kerusakan. Membutuhkan waktu yang lebih lama lagi dalam proses penggantian. Dan mahalnya harga part yang masih jarang ada dipasaran karena memang jarang mobil yang menggunakan suspensi jenis ini.
4. SUSPENSI AXLE RIGID
Axle rigid merupakan suspensi
yang letaknya berada di belakang sebuah mobil.suspensi ini memiliki ciri umum
yaitu roda bagian belakang kiri dan roda belakang kanan dihubungkan menjadi
satu dengan satu axle/poros yang kita biasa menyebutnya dengan istilah GARDAN.
Axle rigid pun dibagi lagi kedalam dua model yaitu axle rigid dengan pegas daun
dan axle rigid dengan pegas coil ( per ).
5. SUSPENSI INDEPENDEN
Suspensi independent didesain secara khusus dan antara roda
kiri dan kanan belakang mobil tidak dihubungkan secara langsung melainkan di
hubungkan dengan sebuah sendi sendi axle sehingga misal roda belakang kiri
menginjak lubang maka mobil tidak akan goyang karena hanya suspensi kiri saya
yang bergerak dan yang lainnya tidak. suspensi ini banyak diaplikasikan ke
dalam jenis mobil mewah.
Komentar
Posting Komentar