Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi Per Daun


Suspensi leaf spring atau per daun ini merupakan sistem suspensi yang terdisi dari beberapa lembar pelat baja tebal antara 3 hingga 5 lembar atau lebih yang disusun secara vertikal atau keatas. Pengaplikasian suspensi ini adalah dengan merekatkan poros sumbu roda pada bagian tengah per daun, sedangkan pada bagian ujung ujung nya langsung di ikat ke body kendaraan.

Dan berikut adalah beberapa kelebihan serta kekurangan dari suspensi type per daun yang dapat anda ketahui.

Kelebihan suspensi leaf spring

Kontruksinya sangat sederhana yakni hanya berupa beberapa lembar pelat baja tebal yang disusun dan direkatkan ke body kendaraan sehingga posisi atau letaknya tidak akan bergeser serta memiliki kekuatan yang sangat kokoh untuk menahan beban.


Kekurangan suspensi leaf spring

Selain kelebihan ternyata suspensi ini pun memiliki beberapa kelemahan yakni tingkat kendaraan yang menggunakan suspensi model ini jika dikendarai akan terasa tidak nyaman, terasa keras dan timbul bunyi bunyian akibat gesekan antar pelat karena habisnya bushing leaf spring ataupun pelapis antar spring.


Dalam pengaplikasiannya


Karena tingkat kekuatannya yang super kokoh ini, suspensi leaf spring banyak diaplikasikan kedalam kendaraan muatan berat yakni seluruh jenis truk, kendaraan angkutan besar seperti bus dan juga mini bus. Beberapa jenis mobil kecil yang menggunakan suspensi ini antara lain kijang lama / kapsul, isuzu panther, toyota hilux model lama,nissan evalia,kendaraan off road dan lain sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komponen Utama Air suspension

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN AIR SUSPENSION

AIR SUSPENSION PADA BUS