Perhatikan Ini Sebelum Pasang Suspensi Udara

atau air suspension (airsus) yang memiliki sistem kerja dimulai dari kompresor yang menyuplai udara ketabung, lalu dari tabung dibagi ke kaki-kaki melewati selenoid yang dihubungkan melewati selang udara.
Pada air suspension pasti terdapat tombol serta indikator untuk mengatur naik turunnya air suspensi sesuai keinginan dan mengontrol persediaan udara dalam tabung pada keempat roda, sebaiknya untuk tombol pengaturnya ditaruh didepan dashboard atau di sesuaikan keadaan kedudukan interior, yang terpenting adalah agar tombol pengatur mudah dijangkau pengemudi.
Merupakan komponen mobil yang bisa di katakan kurang perawatannya, namun sebaiknya anda harus rutin membuang angin pada tabungnya. Di beberapa mobil biasanya diganti dengan berbagai macam alasan.
Memasang suspensi udara ada mudahnya, namun ada juga kesulitannya. Yang wajib diperhatikan ketika memasang suspensi udara di mobil adalah ukurannya. Saat pemasangan pun sebaiknya tidak asal memasang di mobil saja karena dapat menimbulkan bahaya.
Jika selama pemasangan ada yang tidak benar atau tidak sesuai aturan, suspensi udara justru bisa bocor. Kasus semacam ini seringkali terjadi pada mobil-mobil yang suspensi udaranya baru diganti. Kebanyakan, masalah timbul pada bagian balon.
Ketika memasang suspensi udara, sebaiknya periksa dulu ukuran yang asli di mobil agar tidak salah memasang dan timbul masalah di kemudian hari. Jika ukuran balon dengan ruang pada kolong atau perbandingan dengan dimensi mobil tidak proporsional, bisa jadi suspensi udara bocor setelah digunakan.
Tak sedikit yang salah memasang balon yang ukurannya kecil sedangkan mobil berukuran besar, atau justru sebaliknya, balon berukuran besar untuk mobil berukuran kecil dengan ruangan sempit.
Jika sudah salah seperti itu, pemilik mobil pun harus menanggung resiko ketika terjadi hal yang tak diinginkan.  Sayangnya, garansi untuk penggantian suspensi udara biasanya hanya menjamin kerusakan karena kecelakaan. Alasannya adalah karena kantung udara sanggup menahan hantaman.
Balon yang tergesek velg mobil justru bisa pecah, sedangkan jika terkena hantaman seperti pada kecelakaan, balon justru jarang pecah.
Sedangkan untuk perawatan rutin pengurasan angin dalam tabung dapat anda lakukan kurang lebih sebulan sekali. Untuk membuat angin tabung, anda cukup membuka katup pada tabung setelah angin terkuran tutup kembali katup tabung tersebut dan nyalakan kompresor untuk mengisi lagi udaranya.
Penggunaan air suspension tidak hanya sebagai pelengkap dalam ajang kontes  Modifikasi saja, tapi tetap bisa juga untuk penggunaan sehari-hari. Jika untuk sehari-hari agar lebih efisien karena bisa diatur tinggi-rendahnya suspensi, karena tekanan angin dapat diatur dan disesuaikan antara bobot kendaraan dengan ketinggian kendaraan. Kalau dicangkok untuk kontes Modifikasi biasanya ada point lebih.
Hingga kini, pengaplikasian air suspension pun tidak terbatas hanya pada mobil saja tapi sudah untuk bus, truk dan bahkan untuk trailer. Dapat dibilang penggunaan air suspension sangat fleksibel, karena selain bisa digunakan untuk harian dan kontes, ketinggian mobil (Ground Clearance) juga bisa lebih diatur dan sesuaikan dengan kondisi jalan.
Jadi, jika Anda berniat mengganti suspensi udara, periksa secara teliti dan menyeluruh dulu agar mengetahui ukuran yang pas. Jangan sampai suspensi udara yang baru diganti justru membuat Anda mengeluarkan biaya besar untuk melakukan penggantian lagi hanya karena kesalahan saat pemilihan dan pemasangan saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN AIR SUSPENSION

AIR SUSPENSION PADA BUS

Komponen Utama Air suspension