Mengenal Air Suspension Pada Kendaraan Harian


Mobil yang ada pada gambar diatas tidak hanya menjadi jawara pada kontes-kontes yang telah mengikutinya, melainkan mobil tersebut bisa di pakai harian untuk kerperluan harian tentunya seperti kekantor, berpergian ke mall, ke kampus dan masi banyak lagi.

banyak orang yang bertanya pasti, bagaimana bisa di gunakan "daily use"dengan posisi se "ceper" itu?

pppppsssssttt" begitulah bunya tekanan angin yang digunakan ketika ingin menaikan posisi mobil yang semula sangat "ceper" pada posisi parkir ini menjadi posisi berkendara normal, mungkin banyak orang yang sudah mengetahui teknologi ini, tapi bagaimana mengaplikasikannya ? pada mobil anda?

Sebetulnya prinsip kerja air suspension pada mobil-mobil harian ini ternyata sangatlah sederhana. yaitu terdiri dari kompresor seperti yang ada pada setiap tempat isi angin atau tambal ban lalu kemudian kompresor tersebut memberi tekan pada setiap suspensi udara yang berbentuk balon/cylinder dan tinggal di atur seberapa tinggi yang kita inginkan, 



Gambaran sederhana tentang cara kerja air suspension pada mobil bersuspensi MacPherson suspension atau tipe mobil yang memiliki per dan batang shock breaker bersatu.




Kemudian di sisi belakang mobil tersebut suspensi yang biasa di gunakan mobil baru keluaran Jepang seperti honda jazz, Nissan March menggunakan tipe suspensi belakang semi independent yaitu tipe per dan batang shock breaker terpisah, pada kasus ini air suspension yang digunakan adalah tipe air bag.

Kendala dalam penggunaan suspensi udara atau air suspension untuk keperluan harian tidaklah sulit hanya perlu di perhatikan pada saat pengaplikasian balon-balon karet tersebut pada pemasangan awal yaitu memastikan tidak ada benda apapun yang bersifat tajam dan dapat merobek balon tersebut sama halnya dengan karet pada ban mobil yang jika terkena benda tajam akan mengakibatkan kebocoran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN AIR SUSPENSION

AIR SUSPENSION PADA BUS

Komponen Utama Air suspension