Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi Double Wishbone

Bentuk suspensi double wishbone
Suspensi ini terdiri dari beberapa bagian yang diantaranya
adalah lower arm, upper arm, ball joint, link stabilizer, coil spring ( pegas
keong ), shockbreaker dan dudukan poros roda.
Kelebihan suspensi double wishbone
- Karena
bentuknya yang sangat kokoh dengan adanya lengan bagian atas ( upper arm )
serta lengan bagian bawah ( lower arm ) ini maka sistem suspensi ini mampu
mencengkeram posisi roda agar tidak bergeser dari posisinya, serta mampu
meredam daya tekan baik dari atas, depan maupun samping.
- Posisi
double wishbone ini mampu menahan posisi roda agar tetap tegak lurus
terhadap permukaan aspal jalan sehingga mampu meminimalisir pergerakan
atau pergeseran roda sehingga sangat mudah dikendalikan dan terasa nyaman.
- Memiliki
control camber yang sangat sempurna.
Kekurangan suspensi double wishbone
- Harga suspensi
model ini tergolong mahal ketimbang sistem suspensi lainnya.
- Harga
per part dari suspensi ini juga sangat mahal melihat suspensi ini tersusun
dari banyak bagian yang sewaktu waktu terjadi kerusakan pada salah satu
bagiannya.
- Untuk
rancangan double wishbone model lama akan membuat tingkat pengikisan ban
jauh lebih besar ( cepat aus ) karena untuk model lama antara upper arm
dan lower arm dibuat paralel dengan panjang yang sama contohnya pada jenis
toyota kijang kapsul dan kijang innova. Namun untuk rancangan yang baru
tidak demikian karena desain dari upper arm dibuat lebih pendek dan tidak
paralel guna meminimalisir keausannya, contoh pada upper arm milik toyota
fortuner.
- Tingkat
kerusakan ball joint terutama ball joint atas lebih besar untuk jenis suspensi
upper arm model lama, namun tidak untuk suspensi upper arm model baru.
Komentar
Posting Komentar